Kenali Gejala Penyakit Auto imun Pada Anak

wp-1465463953616.jpgPenyakit autoimun masih banyak mengandung misteri, tetapi pemahaman klinisi tentang gangguan ini selalu berkembang setiap hari. Karena penyakit autoimun menampilkan berbagai-macam kondisi (kadang-kadang tumpang tindih), sehingga sangat sulit untuk benar mengidentifikasi, mendiagnosa, dan mengobati penderitanya.  Menjadi pengetahuan tentang kondisi autoimun pada anak dapat membantu mendeteksi penyakit autoimun dan membuat lebih mudah dan lebih efisien untuk dokter dan penderita pada anak.

Gangguan atau penyakit Auto imun adalah kegagalan suatu organisme untuk mengenali bagian dari dirinya sendiri sebagai bagian dari dirinya, yang membuat respon kekebalan melawan sel dan jaringan miliknya sendiri. Beberapa penyakit yang dihasilkan dari kelainan respon kekebalan ini dinamakan penyakit autoimun. Contohnya meliputi penyakit Coeliac, diabetes melitus tipe 1, Systemic Lupus Erythematosus, Sjögren’s syndrome, Churg-Strauss Syndrome, Hashimoto’s thyroiditis, Graves’ disease, idiopathic thrombocytopenic purpura, Scleroderma dan rheumatoid arthritis (RA).wp-1465462056897.jpg

Kesalahan yang menyebabkan sistem kekebalan melawan suatu individu yang seharusnya dilindunginya bukanlah hal yang baru. Paul Ehrlich pada awal abad ke 20 mengajukan konsep horror autotoxicus, di mana jaringan suatu organisme dimakan oleh sistem kekebalannya sendiri. Semua respon autoimun dulunya dipercaya sebagai hal yang abnormal dan dikaitkan dengan suatu kelainan. Namun saat ini diketahui bahwa respon autoimun adalah bagian terpisah dari sistem kekebalan vertebrata, umumnya untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh toleransi imunologikal terhadap antigen milik sendiri. Autoimunitas berbeda dengan aloimunitas.

Sistem imun tubuh kita telah berkembang sedemikian rupa sehingga mampu mengenal setiap antigen asing dan membedakannya dengan struktur antigen diri (self antigen), tetapi dapat saja timbul gangguan terhadap kemampuan pengenalan tersebut sehingga terjadi respons imun terhadap antigen diri yang dianggap asing. Respons imun yang disebut autoimunitas tersebut dapat berupa respons

Autoimunitas sebetulnya bersifat protektif, yaitu sebagai sarana pembuangan berbagai produk akibat kerusakan sel atau jaringan. Autoantibodi mengikat produk itu diikuti dengan proses eliminasi. Autoantibodi dan respons imun selular terhadap antigen diri tidak selalu menimbulkan penyakit. Penyakit autoimun merupakan kerusakan jaringan atau gangguan fungsi fisologik akibat respons autoimun. Perbedaan ini menjadi penting karena respons autoimun dapat terjadi tanpa penyakit atau pada penyakit yang disebabkan oleh mekanisme lain (seperti infeksi). Oleh karena itu, istilah penyakit autoimun yang berkonotasi patologik ditujukan untuk keadaan yang berhubungan erat dengan pembentukan autoantibodi atau respons imun selular yang terbentuk setelah timbulnya penyakit

Untungnya, dengan pengecualian tertentu, penyakit autoimun anak relatif jarang, dan beberapa bahkan mungkin “hilang” secara klinis dengan pertambahan usia anak. Ini berarti bahwa sementara antibodi menyerang jaringan masih cenderung dalam tubuh, pasien tampaknya “mengatasi” gangguan (seperti dalam banyak kasus juvenile idiopathic arthritis dan dermatomiositis) dengan remisi lengkap gejala sebagai usia anak. Pelajari lebih lanjut tentang penyakit autoimun lebih sering terlihat pada populasi anak, dan bagaimana mereka mungkin hadir sendiri.

Tanda bahaya yang mungkin menunjukkan kondisi autoimun remaja?

Mnentukan tanda dan gejala yang hars diwaspaai agak sulit, karena gejala penyakit autoimun sering tetap kabur dan tidak spesifik untuk beberapa waktu (mungkin selamanya) sampai mungkin pasien memiliki pijar diidentifikasi dengan jelas konsisten dengan satu atau beberapa penyakit. Banyak gejala juga cenderung tumpang tindih dengan orang-orang dari kondisi lain. Bahkan dengan cluster gejala yang lebih spesifik, penyakit autoimun masih dapat sulit untuk mengenali dan membedakan dari gangguan lain serta dari satu sama lain. Namun, ada beberapa gejala yang jelas menunjuk ke arah penyakit autoimun, dan harus meminta kunjungan ke dokter.

Gejala autoimun tergantung agak pada patologi penyakit, karena mereka mungkin umum atau lebih organ-spesifik. Gejala umum kemungkinan akan muncul pertama, sebelum kelainan lebih berbeda lainnya, dan harus dilihat sebagai mencurigakan ketika tidak ada penjelasan yang jelas lainnya. Beberapa contoh umum adalah:

• kelelahan / fatigue
  • pusing
  • ruam
  • penurunan berat badan
  • demam
  • Nyeri sendi
  • mata kering / mulut

Sering kali  gejala  yang muncul kurang spesifik, dengan keluhan “hanya tidak merasa benar”. Gejala yang lebih ditargetkan akan tergantung pada sistem tubuh yang terkena, tetapi mungkin termasuk ruam karakteristik, masalah mata dan / atau nyeri sendi tertentu.

Penyakit autoimun bervariasi dalam tampilannya, dan menunjukkan  beberapa  gejala mungkin lebih jelas pada beberapa anak dibandingkan pada orang lain. Perlu lebih dicermati intensitas dan durasi, durasi yang lebih penting, karena intesitasnya begitu subjektif-satu anak yang parah mungkin lain anak ringan, dan sebaliknya.

Seiring dengan durasi gejala, indikator lain Anda harus memantau adalah:

• waktu timbulnya gejala)
  • Timbulnya gejala konstan atau intermiten
  • waktu hari ketika gejala menampilkan diri dan setiap pola intensitas gejala sepanjang hari
  • Juga penting untuk memastikan adalah sifat dari masalah yang dialami, bersama dengan lokasi di dalam tubuh. Mampu mengenali dan menggambarkan gejala ke dokter, dalam hal jenis perasaan (menusuk vs meremas vs berdenyut, dll), bersama dengan penentuan daerah yang terkena, bisa sangat bermanfaat untuk dokter. Selain itu, sangat penting untuk menyebutkan setiap dan semua gejala lain yang mungkin terjadi baru-baru ini. Banyak kali pasien menahan informasi tersebut, bukan karena kesalahan mereka sendiri, karena mereka menganggap itu tidak terkait. Tapi apa yang tampaknya tidak berhubungan dengan pasien mungkin berisi informasi penting untuk dokter.

Apakah kondisi autoimun yang paling umum di antara anak-anak?

Daftar kemungkinan penyakit autoimun remaja meliputi sebagian besar 80 lebih penyakit autoimun terjadi pada orang dewasa. Namun, ada beberapa kondisi yang terlihat lebih sering pada anak-anak, termasuk:

• diabetes tipe-1
  • Penyakit celiac (sering ditemukan pada masa kanak-kanak)
  • skleroderma
  • lupus
  • dermatomiositis remaja
  • idiopatik (arthritis) arthritis

Gangguan yang muncul lebih sering pada anak-anak termasuk multiple sclerosis dan penyakit Addison (adrenal), antara lain.

Salah satu sindrom yang telah menerima banyak perhatian selama beberapa dekade adalah Pediatric Autoimmune Neuropsychiatric Disease Associated with Strep infection ( PANDAS atau penyakit Pediatric autoimun Neuropsychiatric Terkait dengan infeksi Strep , yang merupakan gugusan tanda dan gejala yang berkaitan dengan gangguan obsesif-kompulsif dan tic, diduga dipicu oleh infeksi dengan strain tertentu dari bakteri Strep. Hal ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi ada banyak penelitian sedang dilakukan sehingga pencegahan dan / atau pengobatan yang lebih sukses dapat dicapai

Untuk mencari diagnosis, itu yang terbaik untuk memulai dengan dokter anak keluarga kami, atau membawa anak langsung ke spesialis anak?

Alasan lain untuk memulai dengan dokter anak karena terlepas dari yang berakhir mengelola penyakit pasien, penting untuk memiliki satu dokter untuk bertindak sebagai monitor dan koordinator semua masalah medis untuk anak, daripada mencoba untuk mencapai hal ini pada Anda sendiri, atau meninggalkan pekerjaan hingga spesialis individu, yang mungkin atau mungkin tidak menyelesaikan tugas ini. Setelah Anda telah melihat dokter anak, mungkin kemudian merekomendasikan-berdasarkan klinis dan laboratorium temuan-bahwa Anda mengunjungi salah satu atau lebih dari jenis berikut dokter (antara lain):

• alergi / imunologi
  • rheumatologist anak (untuk semua pasien autoimun),
  • dokter kulit (untuk keterlibatan kulit)
  • ahli bedah ortopedi
  • terapi fisik
  • ahli jantung
  • nephrologist (keterlibatan ginjal)
  • endokrinologi (hormon keterlibatannya)