Rhinovirus Bronchiolitis, Apakah Tanda Asma di masa Datang ?

Rhinovirus Bronchiolitis, Apakah Tanda Asma di Masa Datang ?

1466668574208.jpgPedoman terkini penanganan bronchiolitis menunjukkan bahwa tes viral tidak perlu pada anak-anak yang mengalami  gejala bronchiolitis, tapi bronchiolitis adalah diagnosis klinis yang memiliki banyak penyebab yang berbeda. Mansbach dkk melakukan penelitian untuk menentukan apakah karakteristik bronchiolitis disebabkan oleh rhinovirus berbeda dari karakteristik bronchiolitis dengan penyebab lain. Penelitian ini merupakan pengamatan klinis selesai sebagai analisis data sekunder yang dikumpulkan selama calon, multicenter, studi kohort anak dengan bronkiolitis. Data dikumpulkan dari 16 rumah sakit AS, dan anak-anak yang terdaftar yang lebih muda dari 2 tahun. tes viral pada anak-anak itu tidak standar; sebaliknya, itu bervariasi oleh institusi dan individu mengobati pilihan dokter. Analisis difokuskan pada pernafasan syncytial virus (RSV) dan rhinovirus, melihat anak-anak yang memiliki kedua infeksi, RSV saja, dan rhinovirus saja, dan membandingkan presentasi yang berbeda dan hasil antara ketiga kelompok.

Studi ini mengevaluasi lebih dari 2.200 anak-anak (usia rata-rata, 4 bulan) dirawat di rumah sakit untuk bronkiolitis, di antaranya 59% memiliki RSV saja, 13% memiliki kedua RSV dan rhinovirus, dan 13% telah rhinovirus saja (sisanya 15% harus tidak RSV atau rhinovirus ). Anak-anak yang memiliki rhinovirus hanya memiliki frekuensi yang lebih tinggi dari mengi sebelumnya di 36%, dibandingkan dengan 21% atau kurang untuk dua kelompok anak. Rhinovirus-satunya anak juga lebih mungkin untuk memiliki riwayat eksim (23% vs sekitar 15% untuk kelompok lain) dan lebih mungkin untuk menerima kortikosteroid sistemik selama rawat inap indeks (23% vs ≤ 8%). Akhirnya, distribusi usia jauh lebih tua untuk pasien rhinovirus-satunya, dengan 23% yang lebih tua dari 12 bulan (dibandingkan dengan <12% dari dua kelompok lain) dan hanya 42% yang lebih muda dari 6 bulan (dibandingkan dengan sekitar 70% dari dua kelompok lainnya).

Para penulis menyimpulkan bahwa rhinovirus terkait bronchiolitis menyajikan secara klinis lebih seperti pada anak yang lebih tua dengan asma. Salah satu dilema yang dihadapi oleh dokter merawat pasien dengan bronkiolitis adalah mencari tahu yang anak-anak mungkin didiagnosis dengan asma di masa depan, dan apakah mereka sudah melewati ambang pintu dan harus diperlakukan lebih seperti mereka memiliki asma daripada bronchiolitis sederhana. penelitian yang mempertanyakan benar. Selain itu, kurangnya tes viral mempersulit interpretasi penelitian ini bahwa sampel ini kemungkinan besar telah sangat bias; banyak pertimbangan sadar dan bawah sadar masuk ke keputusan apakah untuk menguji anak tertentu. Namun, penelitian ini menemukan bahwa pasien yang mengalami bronchiolitis dipicu oleh rhinovirus sendiri lebih mungkin untuk memiliki riwayat mengi, menunjukkan bahwa mereka adalah jenis yang berbeda dari pasien dan lebih mungkin untuk menuju jalur untuk asma. Banyak dokter telah bertanya-tanya apakah bronchiolitis menyebabkan asma kemudian atau membantu dalam identifikasi penderita asma di masa depan. Anak-anak yang lebih tua (> 12 bulan) yang mengaku untuk bronkiolitis harus diawasi dengan ketat di masa depan untuk tanda-tanda asma.