Sindrom Premenstrual dan Alergi

Gejala pramenstruasi berat yang di masa lalu mungkin telah mendorong diagnosis gangguan jiwa baru-baru ini diidentifikasi sebagai disebabkan oleh reaksi alergi terhadap hormon wanita. Para peneliti di Institut Nasional Alergi dan Penyakit Infeksi dilaporkan dalam edisi Oktober jurnal Obstetrics and Gynecology bahwa gejala dapat dihilangkan seluruhnya dengan memberikan wanita semacam penangkal pelakunya hormonal.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Dr. Michael A. Kaliner, mempelajari empat wanita yang menderita gejala anafilaksis berulang – reaksi alergi yang parah – tanpa alasan yang jelas.
Setiap bulan sebelum onset menstruasi, mereka mengalami gejala seperti gatal-gatal, kesulitan bernafas, muntah, diare, perut kembung, pingsan, tekanan darah rendah, syok dan pembilasan. Ketika, reaksi anafilaksis parah dapat menyebabkan kematian, seperti yang mungkin terjadi pada seseorang alergi terhadap sengatan lebah atau penisilin.
Tapi bukannya alergi terhadap beberapa substansi eksternal, perempuan ini ditemukan alergi terhadap progesteron, hormon yang diproduksi pada akhir setiap siklus menstruasi untuk mempersiapkan tubuh untuk kemungkinan kehamilan.

Para peneliti mampu mereproduksi gejala bulanan perempuan dengan memberikan dosis kecil dari luteinizing hormone-releasing hormone, atau LHRH, yang merangsang produksi progesteron. Selanjutnya, ketika perempuan diberi antagonis untuk LHRH, jalur produksi progesteron diblokir dan tidak ada gejala yang dihasilkan.
Para peneliti berharap bahwa penerbitan kertas mereka akan mengingatkan dokter untuk masalah ini dan mengarah pada identifikasi dan pengobatan wanita lain sehingga menderita.
Mereka menunjukkan bahwa alergi telah sering mengamati bahwa gejala alergi seperti asma, gatal-gatal dan peradangan hidung cenderung lebih buruk di kali pramenstruasi, tetapi sampai sekarang tidak ada penjelasan mengapa hal ini mungkin terjadi.

Sindrom pramenstruasi
Sindrom pramenstruasi atau PMS adalah gangguan fisik, emosional, dan hormon sebelum awal periode menstruasi wanita yang berkurang setelah awal periode. Perempuan lebih cenderung PMS mereka akhir 20-an dan 40-an awal. Gejala biasanya memburuk sekitar pubertas ketika haid mulai atau setelah kelahiran anak pertama.

Beberapa wanita menderita gejala sebelum menopause di akhir 30-an dan 40-an. PMS biasanya pergi setelah menopause set. Kehamilan juga merupakan waktu ketika mengurangi gejala PMS.

Meskipun jinak dan tidak berbahaya ini mungkin debilitate seorang wanita dan menghambat beraktivitas hidup sehari-hari. Yang tepat penyebab PMS belum diidentifikasi. Ada banyak teori yang menjelaskan penyebab PMS. Beberapa ini termasuk gangguan hormon, perubahan-perubahan kimia di otak dan sebagainya. (1-7) Telah ditunjukkan bahwa wanita dengan PMS sering bereaksi berbeda terhadap fluktuasi hormon wanita yang terjadi selama siklus haid. Peneliti berspekulasi bahwa berlebihan estrogen, progesteron kekurangan, peningkatan prolaktin, aldosterone peningkatan bisa berhubungan dengan gejala PMS.

GEJALA / TANDA

• Ganguan emosi yang mungkin dialami adalah cepat marah, murung, gelisah, merasa lelah, mengidam makanan manis, selera makan meningkat atau menurun
  • Gejala fisik yang umum dialami adalah seperti sakit perut, perut kembung, payudara membesar dan sakit, sakit kepala, mual dan sakit punggung.