Alergi Meningkatkan Kekambuhan PPOK (COPD)

Chronic Obstructive Pulmonary Disease (PPOK) adalah sekelompok penyakit paru (termasuk emfisema dan bronkitis kronis) yang menghalangi aliran udara di paru-paru. Hal ini membuat semakin sulit untuk bernafas. Banyak gejala PPOK mirip dengan gejala asma. Meskipun PPOK adalah penyebab utama kematian dan penyakit di seluruh dunia, namun seringkali dapat dicegah. Itu karena merokok jangka panjang merupakan penyebab utama penyakit yang mengancam jiwa ini. Selain itu, perokok sangat mungkin menderita kombinasi asma dan PPOK. Penting untuk membedakan antara asma, COPD atau kombinasi keduanya, karena pendekatan pengobatannya akan berbeda. Merokok ditetapkan sebagai faktor penyebab utama yang bertanggung jawab untuk Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Terjadinya alergi pada pasien COPD menyebabkan eksaserbasi akut pada penyakit ini . Penelitian terakhir yang dilakukan menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang juga memiliki penyakit alergi memiliki resiko tingkat gejala pernafasan yang lebih tinggi dan memiliki risiko lebih tinggi terkena eksaserbasi PPOK.

Seseorang yang hidup dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), mungkin pernah mengalami reaksi alergi yang lebih parah di musim semi. Mungkin hari itu hari musim semi yang luar biasa hangat, jadi Anda menyalakan AC untuk pertama kalinya tahun itu. Tiba-tiba penderita PPOK mengalami sesak napas yang parah – jauh lebih buruk dari biasanya. Atau mungkin hanya berjalan ke kotak surat, dan embusan angin membawa serbuk sari menyebabkan gangguan alergi saluran napas yang memicu kekambuhan penyakit PPOK.

Apapun penyebabnya, PPOK dan alergi musim semi bisa menjadi kombinasi yang berbahaya. Orang yang hidup dengan alergi dan PPOK memiliki lebih banyak gejala pernafasan dan berisiko tinggi mengalami eksaserbasi PPOK, juga dikenal sebagai flare-ups. Sementara alergi dan PPOK berbeda kondisi, mereka berbagi beberapa gejala, seperti batuk, menghasilkan dahak berlebih atau lendir, mengi dan sesak napas. Serbuk pohon, rumput dan serbuk sari dan spora jamur dapat memperburuk gejala PPOK karena paparan alergen biasanya mempersempit saluran udara dan meningkatkan produksi lendir, sehingga sulit untuk bernafas.

Penelitian Alergi dan PPOK

Penelitian terakhir yang dilakukan para peneliti di Johns Hopkins University di Baltimore. menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang juga memiliki penyakit alergi memiliki resiko tingkat gejala pernafasan yang lebih tinggi dan memiliki risiko lebih tinggi terkena eksaserbasi PPOK. “Meskipun sensitisasi alergi dan paparan alergi diketahui terkait dengan penurunan fungsi paru-paru, namun efek dari penyakit alergi terhadap gejala pernafasan pada pasien PPOK baru saja dipelajari,” kata peneliti Nadia N. Hansel, MD, MPH, associate professor of medicine di the Johns Hopkins Asthma & Allergy Center. Peneliti kami memeriksa dampak penyakit alergi terhadap kesehatan pernapasan pada dua kelompok pasien PPOK, satu sampel perwakilan nasional dari 1.381 pasien PPOK dari National Health and Nutrition Survey III (NHANES III) dan yang lainnya merupakan kohort 77 mantan Perokok dengan PPOK dari studi tentang dampak paparan endotoksin terhadap status kesehatan. Peneliti menemukan bahwa pasien PPOK dengan fenotip alergi memiliki peningkatan risiko gejala pernapasan bagian bawah dan eksaserbasi pernafasan.” Temuan ini dipublikasikan secara online menjelang publikasi cetak di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine American Thoracic Society. Dalam kelompok NHANES III, 296 pasien PPOK memiliki fenotipe alergi, yang didefinisikan sebagai demam demam yang didiagnosis dengan dokter atau gejala pernapasan bagian atas alergi. Pasien-pasien ini secara signifikan lebih mungkin mengi, memiliki batuk kronis, dan memiliki dahak kronis dan memiliki peningkatan risiko mengalami eksaserbasi PPOK yang memerlukan kunjungan akut ke dokter. Pada kohort kedua dari 77 pasien PPOK, 23 pasien dengan sensitisasi alergi (ditentukan oleh pengujian imunoglobulin E) secara signifikan lebih cenderung mengi, mengalami malam hari terbangun karena batuk, dan mengalami eksaserbasi PPOK yang membutuhkan perawatan antibiotik atau kunjungan akut ke dokter. “Temuan kami di dua populasi independen bahwa penyakit alergi dikaitkan dengan tingkat keparahan PPOK yang lebih tinggi, menunjukkan bahwa pengobatan penyakit alergi aktif atau penghindaran pemicu alergi dapat membantu memperbaiki gejala pernafasan pada pasien ini, walaupun kausalitas tidak dapat ditentukan dalam penelitian cross-sectional, “Kata Dr. Hansel. Ada beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, termasuk kemungkinan salah klasifikasi PPOK pada beberapa pasien NHANES dan penggunaan gejala pernafasan yang dilaporkan sendiri dan eksaserbasi PPOK. “Pedoman PPOK saat ini tidak membahas penanganan penyakit alergi pada pasien PPOK,” kata Dr Hansel. “Studi tambahan tentang hubungan antara penyakit alergi dan PPOK  sangat dibutuhkan.”

Peneliti lain melaporkan adanya hubungan antara konsumsi minuman ringan dan asma yang didiagnosis dengan dokter yang didiagnosis dengan dokter dan COPD di antara orang dewasa yang tinggal di Australia Selatan. Di antara 16 907 peserta berusia 16 tahun ke atas, 11,4% melaporkan konsumsi minuman ringan sehari-hari lebih dari setengah liter. Konsumsi minuman ringan tingkat tinggi berhubungan positif dengan asma dan COPD. Secara keseluruhan, 13,3% peserta dengan asma dan 15,6% penderita COPD melaporkan mengkonsumsi lebih dari setengah liter minuman ringan per hari. Dengan analisis multivariat, setelah disesuaikan dengan faktor sosial-demografi dan gaya hidup, rasio odds (OR) untuk asma adalah 1,26 (interval kepercayaan 95% (CI): 1,01-1,58) dan OR untuk COPD adalah 1,79 (95% CI: 1,32 -2,43), membandingkan mereka yang mengkonsumsi lebih dari setengah liter minuman ringan per hari dengan mereka yang tidak mengkonsumsi minuman ringan.

Referensi

1. Daniel Jamieson et al. Effects of allergic ph enotype on respiratory symptoms and exacerbations in patients with COPD. American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, 2013
  2. Mukherjee S1, Banerjee G2, Das D3, Mahapatra ABS4.Occurrence of COPD in Patients with Respiratory Allergy: A Clinico-Spirometric Evaluation in a Tertiary Hospital, Kolkata. J Clin Diagn Res. 2017 May;11(5):CC11-CC13. doi: 10.7860/JCDR/2017/25643.9841. Epub 2017 May 1.
  3. Yeh GY, Horwitz R. Integrative Medicine for Respiratory Conditions: Asthma and Chronic Obstructive Pulmonary Disease. Med Clin North Am. 2017 Sep;101(5):925-941. doi: 10.1016/j.mcna.2017.04.008. Epub 2017 Jun 21. Review.
  4. Shi Z, Dal Grande E, Taylor AW, Gill TK, Adams R, Wittert GA. Association between soft drink consumption and asthma and chronic obstructive pulmonary disease among adults in Australia. Respirology. 2012 Feb;17(2):363-9. doi: 10.1111/j.1440-1843.2011.02115.x.

wp-1510726155282..jpg